29 February 2020, 16:13 WIB

Imbas Korona, Harga Patokan Ekspor Tambang Turun


Faustinus Nua | Ekonomi

Merebaknya virus korona di banyak negara, khususnya di Tiongkok, mempengaruhi penetapan harga patokan ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) periode Maret 2020. Dibandingkan dengan HPE periode Februari 2020, hampir seluruh komoditas mengalami penurunan HPE.

"HPE produk pertambangan periode Maret 2020 mengalami penurunan hampir seluruh komoditas diantaranya besi, tembaga, bauksit, seng, rutil, dan timbal. Hal ini dikarenakan adanya wabah virus corona yang terjadi di beberapa negara termasuk di Tiongkok sehingga mempengaruhi ekspor dan impor Tiongkok," ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana melalui keterangan resmi, Sabtu (29/2).

Indrasari menjelaskan sejumlah produk pertambangan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

"Penetapan HPE periode Maret 2020 ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai instansi terkait," tutup Wisnu.(E-3)

 

BERITA TERKAIT