29 February 2020, 13:48 WIB

Wapres: Layanan Kesehatan Syariah Berpotensi Dikembangkan


Andhika prasetyo | Humaniora

GELARAN International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) 2020 menyoroti jasa layanan kesehatan berbasis syariah.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan jasa pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit syariah, memiliki potensi besar untuk berkembang di Tanah Air. Apalagi Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia.

"Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduk Muslim dengan persentase 87,2%, memiliki potensi yang sangat besar," ujar Ma'ruf di Jakarta, Sabtu (29/2).

Baca juga: Pengembangan Produk Halal dan Ekonomi Syariah Terus Dipekuat

Dengan hadirnya rumah sakit syariah, masyarakat bisa memiliki lebih banyak pilihan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Dibandingkan rumah sakit konvensional, lanjut Ma'ruf, rumah sakit syariah tentu memiliki keunggulan khusus. Misalnya, suasana Islami, jaminan makanan halal, hingga jasa pencucian pakaian yang dilakukan dengan berbasis syariah.

"Selain memenuhi standar yang ditetapkan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), rumah sakit syariah juga mempunyai attitude value yang menerapkan cita rasa Islami atau syariah dalam pelayanannya," jelas Ma'ruf.

Dengan pasar yang begitu besar, dia meyakini jasa pelayanan kesehatan syariah di Indonesia dapat berkembang. Sekaligus, berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Bagi masyarakat, mereka bisa dengan tenang dalam menjalani pengobatan," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT