29 February 2020, 09:10 WIB

Barisan Nasional-PAS Dukung Muhyiddin Yassin Jadi PM Malaysia


mediaindonesia.com | Internasional

KOALISI Barisan Nasional yang terdiri dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), Partai Persatuan Tionghoa Malaysia (MCA) dan Kongres India Malaysia (MIC), serta Partai Islam se-Malaysia (PAS), mendukung pencalonan Presiden Bersatu, Tan Sri Muhyiddin Yassin, sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia kedelapan.

Pernyataan dukungan disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Barisan Nasional, Tengku Adnan Bin Tengku Mansor. Sebelumnya pernyataan senada juga disampaikan  gabungan Mufakat Nasional, yang terdiri dari UMNO dan Partai Islam se-Malaysia (PAS).

"Sebanyak 57 anggota parlemen dari partai-partai ini memberikan dukungan di belakang Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu)," ujar pernyataan resmi yang ditandatangani Sekjen UMNO, Tan Sri Annuar Haji Musa, dan Sekjen PAS, Dato Takiyuddin Haji Hassan.

Baca juga: Raja Malaysia Tolak Permintaan Mahathir soal Sidang Parlemen

Dukungan terhadap Muhyiddin Yassin juga disampaikan MCA, salah satu koalisi partai politik di Barisan Nasional. "Melihat situasi terkini, pembubaran parlemen bukan lagi satu pilihan. Maka, kedua anggota parlemen MCA mendukung pencalonan Tan Sri Muhyiddin Yassin, anggota parlemen Pogoh, sebagai PM kedelapan," ujar Sekjen MCA, Datuk Chong Sin Woon.

Awalnya, mereka menghendaki Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin, untuk membubarkan parlemen. Namun, ketika Partai Bersatu mencalonkan Muhyiddin dan membatalkan pencalonan Tun Dr Mahathir Mohamad, barisan koalisi berubah arah.

Sementara itu, sebuah media lokal melaporkan dukungan kepada Muhyiddin Yassin, juga datang dari partai politik lokal di Sabah dan Sarawak. Mengutip sumber yang dimiliki, laporan media itu menyebut 9 anggota parlemen Partai Warisan Sabah dan 18 anggota Gabungan Parti Sarawak (GPS) telah menyatakan bergabung dengan aliansi Bersatu, Barisan Nasional dan PAS.(Antara/OL-11)

BERITA TERKAIT