29 February 2020, 09:04 WIB

Penyaluran Dana Desa di Sumsel Minim


(DW/CS/PT/N-3) | Nusantara

PENYALURAN dana desa untuk tahap pertama dinilai masih sangat minim. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengklaim kinerja penyaluran dana desa di Sumatra Selatan (Sumsel) masih kurang baik di awal 2020 karena serapannya sangat rendah.

Dia menjelaskan, penilaian itu berdasarkan realisasi penyaluran dana desa yang baru diserap di satu kabupaten di Sumsel, yakni Musi Rawas.

"Secara nasional, realisasi penyaluran naik daripada tahun lalu, tapi Sumsel tidak bagus karena baru 25 desa dari satu daerah," katanya di sela-sela rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa 2020 di Palembang, kemarin.

Ia menuturkan, 25 desa di Musi Rawas itu telah menerima pencairan dana desa tahap pertama, yakni senilai Rp10,5 miliar. Sementara itu, secara nasional, lanjutnya, pencairan dana desa sudah mencapai Rp1,9 triliun per 27 Februari 2020.

Terpisah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengakui banyak desa kesulitan membuat proposal dan laporan kegiatan dana desa. (DW/CS/PT/N-3)

BERITA TERKAIT