29 February 2020, 09:20 WIB

NasDem Teken 121 Rekomendasi Pilkada


Media Indonesia | Politik dan Hukum

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem telah menandatangani 121 rekomendasi usungan terhadap bakal calon kepala daerah se-Indonesia pada Pilkada Serentak 2020.

"Sampai tadi malam, saya sudah tanda tangani 121 rekomendasi calon kepala daerah yang akan diusung NasDem se-Indonesia," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad M Ali dalam kunjungan di Palu, Sulawesi Tengah, kemarin.

Ketua Fraksi NasDem di DPR itu dalam kunjungan ke Sulawesi Tengah bertemu dengan beberapa komponen masyarakat di sejumlah tempat bersama bakal calon Gubernur Sulteng yang akan diusung NasDem, Rusdi Mastura.

"Untuk Kak Cudi (Rusdi Mastura) mendapat nomor rekomendasi istimewa, rekomendasi pertama 001," kata Ahmad Ali.

Dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, NasDem akan mengusung Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir. Mereka dinilai mampu membangun Sulawesi Tengah dengan cepat dan tepat pascabencana.

Ahmad Ali mengaku aktif membangun komunikasi dengan partai-partai lain untuk mengusung. DPP NasDem juga sudah memberi rekomendasi pencalonan untuk lima kabupaten/kota di Sulteng.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulteng, Atha Mahmud, mengatakan prarapat kerja wilayah kemarin resmi memberikan mandat kepada Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Dalam kesempatan terpisah, komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menuturkan sejauh ini Bawaslu dan Polri belum merumuskan koordinasi dalam satuan tugas (satgas) antipolitik uang yang dibentuk Polri untuk Pilkada 2020. "Belum dirumuskan," ujar Fritz, kemarin.

Fritz menambahkan, saat ini sudah ada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dibuat antara Kejaksaan Agung, Polri, dan Bawaslu.

Pada Kamis (27/2), Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan satgas akan menelusuri sumber dana para pasangan calon. (Ant/MT/P-2)

BERITA TERKAIT