29 February 2020, 08:30 WIB

Mahasiswa Praktik Langsung di Kampus Esa Unggul, Bekasi


mediaindonesia.com | Humaniora

Agar mahasiswanya mendapat pengalaman dan gambaran sesungguhnya tentang Dasar Pengukuran Tanah dan Fotogrametri, Universitas Esa Unggul mengadakan praktikum lapangan yaitu Dasar Pengukuran Tanah dan Fotogrametri di Esa Unggul, Kampus Bekasi, Kota Harapan Indah, Rabu (26/02/2020)

Untuk praktikum langsung kelompok pertama kali ini, dilakukan dalam rangka Pemetaan situasi Kampus Kota Harapan Indah. Dalam hal ini mahasiswa Program Studi Survei dan Pemetaan yang mengikuti praktikum ini dilatih dan diajar mengaplikasikan alat ukur tanah.

Pengukuran bidang tanah dengan metoda fotogrametrik untuk pendaftaran tanah sistematik maupun sporadik biasanya dilaksanakan untuk daerah terbuka (mudah untuk diidentifikasi). Hasil pemetaan fotogrametrik yang biasanya digunakan dalam survei lapangan untuk penentuan bidang tanah adalah blow up foto udara, peta foto, dan peta garis.

Ketua Program Studi Survei dan Pemetaan Universitas Esa Unggul, Prama Ardha Aryaguna, S.Si., M.Sc. menerangkan, selain itu, untuk fotogrametri, mahasiswa juga melakukan kegiatan foto udara di Kampus Kota Harapan Indah. Ini bertujuan untuk memetakan penampakan dari Kampus Esa Unggul Bekasi.

Menurutnya, drone atau foto udara pesawat tanpa awak saat ini sedang naik daun dan memiliki fungsi serta peran yang sangat penting terutama di bidang seperti foto citra satelit dan pertanahan.

"Mungkin dulu drone merupakan hal yang asing di masyarakat. Namun saat ini drone menjadi salah satu perangkat yang diminati karena kegunaannya yang sangat efektif dan efisien,'' kata Prama.

Dirinya berharap kegiatan praktik langsung praktikum lapangan ini dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dan memberikan gambaran sesungguhnya kegiatan dasar pengukuran tanah dan fotogrametri. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT