28 February 2020, 20:50 WIB

Inilah Anggaran Promosi Sulsel untuk Influencer


Lina Herlina | Nusantara

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menggelontorkan anggaran Rp72 miliar untuk mendukung promosi wisata dalam negeri. Upaya itu untuk mencapai target wisata nasional sebanyak 18 juta wisatawan.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Deny Irawan menilai, langkah yang diambil pemerintah pusat itu, sebagai langkah yang tepat, dengan menjual produk wisata lewat teknologi digital. "Pemasaran konvensional itu sudah mulai berkurang, mulai ditinggalkan pelaku bisnis. Kita lihat perkembangan teknologi informasi komunikasi yang terus meningkat dibanding jumlah internet juga semakin tinggi," jelas Deny Irawan, Jumat (28/2).

Pertengahan Februari ini, selebgram Karin Novilda alias Awkarin dan Sabian Tama menjelajajahi keindahan dan keunikan destinasi pariwisata di Sulsel.

Apa yang dilakukan kata Deny, membantu Sulsel memperkenalkan destinasi wisata yang ada kepada kaum milenial. "Sebagian kaum milenial kan tidak lepas dari media sosial, jadi influencer pasti dinilai efektif untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Tidak bisa dupungkiri, media sosial sangat ampuh untuk promosi," katanya.

Kedepannya lanjut Deny, Pemprov Sulsel pun, akan menggaet influencer lokal untuk mempromosikan destinasi wisata Sulawesi Selatan. "Influencer yang ada itu juga bisa kita bina, dan manfaatkan," lanjutnya.Hanya saja serunya, selain menggaet influencer, pembenahan sarana dan prasarana destinasi wisata juga dibutuhkan untuk bisa menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. "Kalau kita perbaiki juga destinasi wisatanya, tanpa diundang pun pasti influencer datang ke tempat kita, karena mereka butuh konten jadi saling dukung, lanjut Deny.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan sendiri, pada 2020 menargetkan 8 juta wisatawan dengan rincian 7,7 juta wisatawan nusantara (wisnus) dan 325 ribu kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2020 ini.

Selain itu, ada sekitar 60 event pariwisata yang akan digelar di Sulsel. "Dari 60 tadi ini, ada beberapa yang telah ditetapkan sebagai agenda tahunan dan masuk dalam Kalender event pariwisata 2020 Wonderfull Indonesia," ungkap Denny.

Dari setiap event yang diselenggarakan kata Denny, memiliki daya tariknya masing-masing. Pihaknya pun telah merancang dan meminta kepada pihak penyelenggara agar seluruh event wisata tersebut mampu memantik daya tarik para wisatawan.

Seluruh event yang digelar juga diupayakan untuk digelar secara berkesinambungan agar mampu dipromosikan secara berkelanjutan. Tentunya jika digelar pada tahun mendatang event tersebut akan dikemas dengan konsep yang berbeda. (OL-12)

BERITA TERKAIT