28 February 2020, 20:10 WIB

Musim Sepi, Ini Trik DIY Menarik Wisatawan 


Ardi Teristi | Nusantara

WABAH virus Korona di berbagai negara cukup berdampak bagi dunia pariwisata, termasuk DIY. Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyebut, pihaknya memyambut bai adanya insentif bagi pariwisata akibat virus korona sehingga diharapkan bisa membantu sektor pariwisata guna menarik wisatawan berkunjung di saat jumlah wisatawan rendah (low season) seperti saat ini.

Singgih mengatakan, pihaknya saat menarik wisatawan melalui berbagai promosi lewat acara Jogja Heboh yang digelar 2 Februari sampai 29 Maret 2020. "Event ini untuk menarik wisatawan," kata dia. Pasalnya, selama Jogja Heboh, berbagai diskon akomodasi disediakan.

DIY menargetkan kunjungan tahun ini mencapai 6,5 juta, 600 ribu di antaranya wisatawan mancanegara. Selain jumlah kunjungan wisatawan, DIY juga berusaha meningkatkan lama tinggal wisatawan di atas 2,15 hari. Untuk mencapai target tersebut, semua pihak perlu bersama-sama untuk membuat atraksi yang menarik dan mempromosikannya ke wisatawan. "Salah satu yang masih kurang adalah atraksi pada malam hari dan bisa berlangsung secara rutin, seperti sendratari Ramayana," kata dia.

Di DIY, total ada 414 agenda budaya yang ada sepanjang 2020, semisal  Festival Kebudayaan Yogyakarta, Art Jog, Jogja Asian Film Festival, Sekaten, dan Grebeg Gunungan. Agenda budaya tersebut memperkaya  kalender event pariwisata di DIY sehingga diharapkan dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak. (OL-12)

BERITA TERKAIT