28 February 2020, 19:19 WIB

Pansus akan Selidiki Usaha Anies Cegah Banjir


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

PEMBENTUKAN Pansus banjir akan fokus mengusut penyebab utama banjir yang belakangan kerap melanda Jakarta.

"Nanti kita cari sumber utamanya apa. Yang pertama (diusut) sistem drainase. Salah satu faktornya kan itu dan itu kewenangannya dari Pemprov. Kami bakal cek semua," kata Ketua Fraksi Partai Golkar, Basri Baco saat dihubungi, Jakarta, Jumat (28/2).

 

Baca juga: Program Penanganan Banjir Anies Dinilai tidak Jelas

 

Pansus, jelasnya, akan mengecek keberadaan drainase yang dianggap vital. Misalnya mengecek kapan terakhir dikuras, seberapa baik atau buruk sistem pengaliran air di drainase itu.

Selain itu, pansus banjir bakal mencari tahu bagaimana penanganan waduk, normalisasi di sungai-sungai, pengecekan sodetan dan pompa-pompa air.

"Tapi kan itu nanti harus koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Kalau pompa sendiri ada tiga. Penambahan pompa, peremajaan pompa, dan sistem penanganan pompa. Terlambat nyala itu masalah," jelas Baco.

 

Baca juga: DPRD Jakarta Sebut Banjir Kali Ini Naik Kelas

 

Ia pun mengatakan pansus banjir bakal bergerak pascapemilihan wakil gubernur. Pemilihan itu direncanakan pada pertengahan Maret nanti.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berkomentar soal pembentukan pansus banjir oleh DPRD itu. Ia berkilah bahwa jajaran Pemerintah Provinsi Jakarta bersiaga menghadapi musim hujan kedepan.

"Yang penting pada fase ini sekarang kami fokusnya siaga, musim hujan terus berjalan," ungkap Anies di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (27/2). (OL-8)

BERITA TERKAIT