28 February 2020, 19:02 WIB

IHSG Menungkik, OJK: Tenang, Ada Protokolnya


Dhika kusuma winata | Ekonomi

KETUA Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meminta masyarakat tidak khawatir dengan penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang saat ini terjadi.


Pasalnya, kata Wimboh, selain sudah disiapkan antisipasinya, sudah ada protokol menghadapi bila tren negatif terus berlanjut, antara lain emiten bisa melakukan buyback.

"Tenang aja, kita sudah punya protokolnya. Kalau (penurunan) melebihi threshold (ambang batas) turunnya ada beberapa yang bisa kita lakukan. Kita membolehkan buyback korporat tanpa melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)," kata Wimboh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2).

 

Baca juga: Dampak Korona, IHSG Tertekan dan Rupiah Anjlok

 

Wimboh menuturnya, ambang batas penurunan IHSG tersebut maksimal 8%. Jika penurunan melebihi ambang batas tersebut, emiten diperbolehkan membeli kembali saham perusahaannya yang dimiliki publik. Wimboh menilai kondisi penurunan IHSG saat ini belum separah kondisi pada 2008 ketika IHSG anjlok hingga 10%.

"Tidak sampai ke sana (kondisi 2008). Protokolnya sudah siap," ucapnya.

Seperti diberitakan, IHSG melanjutkan tren penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat (28/2). Pada sesi I perdagangan harian, IHSG sempat terkoreksi 4% ke level 5.311. Pada penutupan perdagangan, IHSG turun 82,99 poin atau -1,5% ke posisi 5.452. (OL-8)

BERITA TERKAIT