28 February 2020, 18:16 WIB

Periksa 136 Spesimen, Kemenkes: Semua Negatif Korona


Atalya Puspa | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah memeriksa 136 spesimen yang diduga terjangkit virus korona (COVID-19) hingga Rabu (26/2). Hasil pemeriksaan menunjukkan semua spesimen negatif virus korona.

"Sampai 26 Februari, dari catatan 136 spesimen yang kita dapatkan di Indonesia, hasilnya masih negatif," jelas Subdit Ispa Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Riyan Hermana, di Jakarta, Jumat (28/2).

Agar Indonesia tetap terbebas dari COVID-19, pihaknya meminta masyarakat berperan aktif untuk melakukan langkah pencegahan.

Baca juga: Wapres: Indonesia Negatif Korona Berkat Doa Ulama

"Kita butuh peran serta dari masyarakat. Deteksi dini, kalau ada gejala mirip influenza dan terindikasi habis melakukan kontak di wilayah epidemis, maupun pasien COVID-19, laporkan," pungkasnya.

Di lain sisi, pemerintah juga berupaya melakukan langkah perlindungan. Seperti, pembuatan pedoman perlindungan dan tata laksana virus korona, hingga memperketat pengawasan pintu masuk negara.

"Pemerintah gencarkan (pengawasan) di pintu masuk negara. Kita sudah mengaktifkan 129 pengamanan di pintu masuk, dan kerja bareng dengan dinas kesehatan setempat untuk memantau pelaku perjalanan dari negara terjangkit," paparnya.

Hingga saat ini, terdapat 83.389 pasien positif terinfeksi virus korona yang tersebar di 42 negara. Sebanyak 36.571 orang dinyatakan sembuh, dan 2.858 orang meninggal dunia.(OL-11)

BERITA TERKAIT