28 February 2020, 18:12 WIB

KPU Depok Optimistis Tahapan Pilwakot Sesuai Rencana


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok memastikan Pemilihan Walikota (Pilwakot) Depok berjalan lancar dan aman.  Apalagi Kota Depok merupakan kota pelajar  yang  warganya sudah dewasa dalam berpolitik.

Hal itu disampaikan Ketua KPUD Kota Depok Nana Sobarna di KPUD, jalan RA Kartini, Pancoranmas,  Jumat (28/2).

"Saya percaya warga Kota Depok sudah dewasa dalam berpolitik. Hal itu terbukti dalam beberapa kali melangsungkan pilwakot berjalan lancar dan aman, " ujarnya.

Selain lancar dan aman, Nana juga menyampaikan, KPUD Kota Depok telah menerima transfer hibah Pilwakot Depok untuk termin pertama sebesar Rp24 miliar atau 40% dari jumlah total Rp60.298.660.000.

Nana menjelaskan dari jumlah total dana hibah termin pertama tersebut sudah dipergunakan sebesar Rp298.660. 000.  " Sudah kami cairkan dan gunakan Rp298.660.000, " ujar dia.

Perincian dana tersebut antara lain digunakan untuk kebutuhan sosialisasi, rapat koordinasi bimbingan teknis (Rakor Bintek), pencalonan perseorangan, rekrutmen PPK/PPS (Panita Pemilihan Kecamatan/Panitia Pemungutan Suara).

Nana menjelaskan, pencairan dana Pilwakot dicairkan dua termin. " Termin pertama dicairkan sebesar Rp24 miliar. Sisanya sebesar Rp36 miliar dicairkan termin kedua.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono mengharapkan, Pilwakot  Depok yang akan digelar 23 September 2020 berjalan lancar sesuai rencana,  damai dan sukses tanpa ekses.

" Insya Allah Pilwakot Depok 23 September 2020 berjalan sukses. Dan diharapkan Pilwakot tersebut menjadi pilot proyek di Provinsi Jawa Barat, " ujar dia.

Menurut Hardiono, keyakinannya Pilwakot berjalan lancar dan tanpa ekses, karena pemilihan tersebut tidak terlepas dari stakeholder dan masyarakat Kota Depok.

" Kita harus punya persepsi dan yakin bahwa Pilwakot berjalan kondusif berkat sinergitas semua pihak, " ucapnya.  (OL-13)

 

BERITA TERKAIT