28 February 2020, 18:00 WIB

Menguak Mitos Mencegah Wasir dengan Menepuk Kursi


Fetry Wuryasti | Weekend

Beberapa orang, terutama mereka yang dari generasi lawas, memiliki kebiasaan untuk menepuk alas dudukan kursi sebelum diduduki, terutama bila berada di transportasi umum.

Mereka setidaknya percaya pada mitos bahwa suhu panas yang ditinggalkan penumpang sebelumnya, bisa mengakibatkan wasir bagi dia yang duduk orang itu.

"Sebenarnya tidak ada salahnya duduk di kursi yang hangat,” kata Dr Sabrina Wee, kepala Kelompok Kerja Gastroenterologi di SingHealth Polyclinics, dilansir situs CNA Life Style, Kamis (27/2).

Alih-alih, katanya, yang membahayakan adalah berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk duduk. Umumnya orang akan lebih  lama duduk kursi toilet.

Wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah yang dapat terjadi di anus atau dubur. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit, gatal dan berdarah saat meradang.

Wasir terjadi pada pria maupun wanita, tanpa memandang usia. Mengejan tentu saja merupakan salah satu cara karena tindakan itu menyebabkan darah mengumpul di pembuluh darah di sekitar anus. Karena alasan itu, sembelit, diare, dan persalinan adalah penyebab umum.

Menariknya, duduk atau berdiri yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan wasir. Aktivitas ini memungkinkan gravitasi untuk mendorong pembuluh darah yang bengkak ke bawah dan keluar dari anus.

Karena alasan ini, pekerja supir taksi dan pekerja kantor, cenderung menderita wasir. Dr Wee menyarankan untuk tidak duduk terlalu banyak.

"Berdirilah, jangan terus menerus duduk di kursi kerja Anda. Juga lakukan diet tinggi serat, batasi makanan berlemak dan tingkatkan asupan cairan Anda hingga 2 liter sehari. Saat berada di toilet, hindari duduk lama dan mengejan," kata Dr Wee.( M-1)

BERITA TERKAIT