28 February 2020, 17:13 WIB

PDIP Dukung Ombudsman Panggil Anies


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KETUA Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Ida Mahmudah menyambut positif rencana Ombudsman perwakilan Jakarta yang akan memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal ini terkait dugaan maladministrasi dalam perizinan revitalisasi dan pemanfaatan kawasan cagar budaya Monas.

"Saya sebagai ketua Komisi D sangat mendukung hal ini. Memang bagusnya semua pihak turun tangan (mengecek) ada apa kok Anies begitu ngotot terkait Formula E dan revitalisasi Monas," ujar Ida saat dihubungi, Jakarta, Jumat (28/2).

Ida menyayangkan sedari awal Pemprov DKI tidak terbuka soal program tersebut. Ia menyebut dalam rapat kerja membahas Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020, DKI mengatakan bakal mempercantik Monas.

"Waktu paparan dinas hanya mengatakan untuk keindahan Monas, bukan Formula E. Tapi kenyataanya untuk Formula E," kata Ida.

Baca juga: Pusat Bisnis di Jakarta Merugi Rp56 M Karena Banjir

Terpisah, Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho menegaskan bakal memanggil Anies dan jajarannya untuk menjelaskan program revitalisasi Monas dan Formula E.

Anies dituding Ombudsman melakukan maladministrasi dalam perizinan revitalisasi dan pemanfaatan Kawasan Cagar Budaya Monas sebagaimana termuat di dalam UU 11/2010 Tentang Cagar Budaya.

Persetuiuan yang maladministrasi bisa berdampak pada gugurnya keabsahan persetujuan tersebut, dan segala tindakan perubahan terhadap Kawasan cagar Budaya dengan persetujuan yang cacat dapat menjadi bukti telah terjadi pengrusakan terhadap Kawasan Cagar Budaya dan merupakan tindak pidana.

"Nanti kami panggil dinas-dinas terkait dulu. Kalau memang nanti dibutuhkan, kami akan memanggil Gubernur DKI Jakarta juga," tandas Teguh. (OL-8)

BERITA TERKAIT