28 February 2020, 16:45 WIB

Jambi Siap Hadapi Bencana


SOLMI (63) | Nusantara

Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyatakan, jajaran pemerintah terkait di Provinsi Jambi siap siaga dan terus meningkatkan kesigapan dalam penanggulangan berbagai potensi bencana di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Jambi.

''Bersama jajaran terkait pemerintah kabupaten dan kota, insya Allah kita siap untuk menanggulangi bencana yang berpotensi terjadi di Jambi. Terutama banjir, tanah longsor maupun kebakaran hutan dan lahan,'' kata Fachrori Umar yang Kamis (27/2) menjadi Inspektur Upacara Pembukaan Latihan Dasar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Provinsi Jambi, selama tiga di kaki Gunung Kerinci.

Fachrori menyambut baik pelaksanaan latihan gabungan penyelamatan, evakuasi, dan penanganan pengungsi yang menjadi fokus selama pelatihan dasar BPBD Jambi yang dipusatkan di Kerinci.

''Ini wujud kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menghadapi kemungkinan bencana, sekaligus untuk menguji fungsi koordinasi,
komunikasi dan komando antara unit,'' ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selaras dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada acara Rakernas Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Sentul Bogor awal Februari 2020.

"Seluruh instansi pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi untuk mengantisipasi dan pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Setiap gubernur, bupati/walikota harus menyusun rencana kontinjensi, termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan. Penanggulangan bencana menjadi urusan bersama. Jadi harus dilaksanakan
dengan pendekatan kolaboratif antara unsur pemerintah, akademisi, peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa,'' tegas Fachrori. (SL/OL-10)

 

BERITA TERKAIT