28 February 2020, 15:38 WIB

Penghentian Umroh, Wapres: Tunggu Konfirmasi Arab Saudi


Indriyani Astuti | Humaniora

WAKIL Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia masih menunggu konfirmasi dari pihak otoritas Arab Saudi yang mengeluarkan penghentian sementara pemberian visa untuk ibadah umroh dari berbagai negara. 

Menurut Wapres pemerintah Indonesia masih mengupayakan negosiasi dan menunggu konfirmasi dari pemerintah Arab Saudi agar warga negara Indonesia (WNI) tetap dapat melakukan ibadah umroh. Pasalnya Indonesia saat ini masih bebas dari kasus virus Korona (COVID-19).

“Ya tentu keputusan Saudi itu lebih bersifat menyeluruh ya. Apakah nanti apakah ada kebijakan pengecualian kita belum memperoleh konfirmasi dari Arab Saudi,” tutur Wapres kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden, Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (28/2).

Disampaikan Wapres, Indonesia menghormati keputusan Arab Saudi mengambil kebijakan penghentian umroh untuk pencegahan penyebaran virus Korona masuk ke negara tersebut. Pemerintah Indonesia, ujar Wapres, memahami kebijakan untuk menutup akses pengunjung dari luar negaranya.

“Kita menghormati lah itu apa namanya kedaulatan daripada Arab Saudi,” ucapnya.

Baca juga: Biro Umroh Terancam Merugi

Selama belum ada keputusan mengenai status Indonesia terkait umroh, menurut Wapres, para WNI yang sudah ada di Arab Saudi dapat melanjutkan ibadah mereka. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi tengah mengurus hal tersebut. Adapun jemaah yang akan berangkat, pemerintah menghormati keputusan Arab Saudi menghentikan sementara visa bagi pendatang.

“Tentu mereka (KBRI) mengusahakan. Tapi seluruhnya itu pada kedaualatan Arab Suadi dan kita tak akan memgintervensi,” tegas Wapres.

Virus Korona menyebabkan kerugian bagi banyak negara. Wapres menuturkan Indonesia juga merasakan hal itu salah satunya biro perjalanan umroh. (A-2)

BERITA TERKAIT