28 February 2020, 15:29 WIB

Selandia Baru Konfirmasi Kasus Pertama Virus Korona


Nur Aivanni | Internasional

SELANDIA Baru mengonfirmasi kasus virus korona pertama pada Jumat (28/2). Pejabat kesehatan setempat mengatakan bahwa orang yang dinyatakan positif virus korona tersebut berusia 60-an dan baru datang dari Iran menuju Auckland via Bali.

Saat ini, orang tersebut tengah dirawat di Rumah Sakit Kota Auckland. "Mereka berada dalam kondisi yang membaik dalam isolasi," kata departemen kesehatan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (28/2).

Baca juga: Korona Mewabah, Tokyo Disney Resort Ditutup Sementara

Para pejabat mengatakan pasien tersebut adalah seorang warga negara Selandia Baru yang tiba di Auckland pada Rabu (26/2) dan anggota keluarga membawanya ke rumah sakit setelah khawatir dengan kondisinya.

Para pejabat mendesak setiap penumpang yang melakukan perjalanan terakhir pada Rabu dengan maskapai Emirates yang berangkat dari Bali ke Auckland, untuk menghubungi pihak berwenang jika mereka khawatir mengenai penyakit tersebut.

Namun, pihak berwenang meremehkan risiko wabah virus korona dengan mengatakan situasinya dikelola dengan baik.

"Meskipun kami memiliki kasus Covid-19 pertama kami, kemungkinan wabah komunitas tetap rendah," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan David Clark mengatakan Selandia Baru memberlakukan larangan perjalanan yang ketat pada kedatangan dari Iran sebagaimana yang sudah diberlakukan pada kedatangan dari Tiongkok.

Langkah itu diambil setelah terjadi lonjakan infeksi virus korona di Iran, di mana virus itu menewaskan 26 orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah kematian tertinggi di luar Tiongkok. (Channel News Asia/OL-6)

BERITA TERKAIT