28 February 2020, 14:06 WIB

Waspada! Pasien Sembuh Virus Korona Bisa Kambuh


Atalya Puspa | Humaniora

OTORITAS Kesehatan Tiongkok menyatakan sekitar 14% pasien yang dinyatakan sembuh dari virus korona (Covid-19) dan diizinkan keluar dari rumah sakit di Provinsi Guangdong, Tiongkok, dilaporkan kembali positif dalam pemeriksaan kesehatan lanjutan.

Menanggapi hal itu, Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Agus Dwi Susanto, menyatakan berdasarkan karakteristik virus yang hilang timbul memang memungkinkan bagi seseorang untuk terserang virus yang sama untuk kedua kalinya. "Itu namanya reinfeksi. Terinfeksi ulang," kata Agus kepada Media Indonesia, Jumat (28/2).

Baca juga: 188 WNI di Kapal World Dream tidak Terindikasi Virus Korona

Agus menuturkan, bahkan penyakit TBC dan paru yang sudah ada obatnya pun dapat menyerang pasien yang sama untuk kedua kalinya.

"Seperti TBC paru, kalau sudah sembuh bisa kambuh, TBC paru lagi. Karena reinfeksi. Seperti kita kita kena flu, kalau sudah satu kali, bisa kena lagi flu, kan?" jelasnya.

Sebab, hingga saat ini belum ada vaksin maupun obat spesifik yang dapat menyembuhkan COVID-19. Oleh karena itu, Agus mengimbau kepada masyarakat luas untuk menerapkan pola hidup sehat.

"Sering cuci tangan, jangan sering-sering pegang area muka, hidung, dan mulut kalau belum cuci tangan, makan bergizi, istirahat cukup, tidak merokok, olah raga. Pakai masker kalau sakit flu agar tidak menularkan," tandasnya.

Diketahui, sampai saat ini terdapat 83.389 pasien yang positif terinfeksi COVID-19 di 42 negara. Adapun, sebanyak 36.571 berhasil sembuh, dan 2.858 meninggal dunia. (OL-6)

BERITA TERKAIT