28 February 2020, 09:38 WIB

Kunjungi Warga di Semua Suasana


(RS/N-2) | Nusantara

LEPAS dari tugas administrasi, I Nyoman Suwirta tidak mau memanfaatkannya untuk ber-istirahat. Sejak dipercaya warga Kabupaten Klungkung, Bali, menjadi bupati, Nyoman sudah menggulirkan program kunjungan langsung ke warga.

Dua program yang ia kemas ialah Pitra Bakti dan Kawi Smara. Tidak hanya undangan dari tingkat dusun, ia juga sering kali mendatangi undangan pernikahan dari warga biasa, atau melayat warga yang meninggal.

Terakhir, sang bupati dengan istri dan sejumlah kepala dinas mendatangi rumah duka warga di Kecamatan Banjarangkan dan Semarapura Tengah. Bupati menyerahkan langsung kutipan akta kematian yang menjadi bagian dari pelaksanaan program Pitra Bakti.

Program yang sama juga dilakukan Wakil Bupati I Made Kasta. Akhir pekan lalu, ia menghadiri undangan pernikahan warga di Desa Selat. Bersama Kepala Dinas Kependudukan, ia menyerahkan langsung akta perwakinan.

Pemberian akta perkawinan saat berlangsungnya upacara perkawinan merupakan inovasi dinas kependudukan dalam meningkatkan cakupan kepemilikan akta perkawinan bagi masyarakat atau program Kawi Smara.

"Kami terus mengupayakan pelayanan yang terbaik untuk warga, baik saat senang maupun berduka. Kunjungan langsung ke rumah-rumah juga membuat kami bisa terus menjaga kedekat-an dengan warga," ujar Nyoman Suwirta. (RS/N-2)

BERITA TERKAIT