28 February 2020, 01:06 WIB

IMF dan Bank Dunia Siapkan Dana Darurat Atasi Virus Korona


Ghani Nurcahyadi | Internasional

DANA Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia mengaku siap untuk menyediakan dana darurat bagi negara yang membutuhkan pendanaan untuk melawan penyebaran virus korona COVID-19.

Hal itu menyusul kekhawatiran terjadinya dampak ekonomi skala global akibat virus yang kini ada di 44 negara dan berdampak besar terhadap perekonomian sejumlah negara, seperti Tiongkok yang jadi pusat penyebaran.

Juru Bicara IMD Gerry Rice mengaku belum satupun negara meminta bantuan kepada institusinya terkait virus korona.

"Tapi kami menyiapkan rencana cadangan. Kami punya berbagai variasi instrumen finansial yang bisa digunakan," kata rice dikutip dari AFP.

Bantuan pendanaan itu, ujar Rice pernah dikucurkan saat virus Ebola merebak beberapa tahun lalu.

Baca juga : Infeksi Virus Korona di Korsel, KBRi Seoul Tutup Sementara

"Kami memang menyediakannya untuk situasi darurat, bisa untuk melawan epidemi atau menanggulangi bencana alam," ujarnya.

Di sisi lain, IMF dan Bank Dunia masih menunggu kepastian terkait gelaran rutin pertemuan April yang akan diadakan di Washington, Amerika Serikat.

Pertemuan itu biasanya melibatkan ribuan orang yang terdiri dari aktivis, pakar ekonomi, dan investor. Rice mengaku terus memantau situasi saat ini.

"Tapi kami percaya diri bagaimanapun format pertemuan itu, kami akan menghasilkan sebuah pertemuan yang efektif," tegas Rice.

Meski demikian, Pusat Pengendalian Penyakit AS (USDC) memprediksi wabah korona akan segera mencapai daratan Amerika dan mengimbau tidak ada acara yang melibatkan konsentrasi massa yang besar.

Otoritas kesehatan AS sendiri masih berupaya mencari penyebab merebaknya virus yang berasal dari pasar ikan di Wuhan, Tiongkok itu. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT