28 February 2020, 05:45 WIB

Korban Banjir di Pantura Tertangani


(AD/H-1) | Humaniora

MENTERI Sosial Juliari P Batubara ingin memastikan beberapa daerah terdampak banjir di wilayah pantai utara Pulau Jawa ditangani dengan baik. Untuk itu, Mensos beserta rombongan menyusuri beberapa wilayah di pantura mulai perjalanan dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan berakhir di Kabupaten Karawang.

"Di sini ada sekitar 1.700 pengungsi. Saya ingin melihat bagaimana penanganan yang diberikan kepada para pengungsi", ujar Mensos saat mengunjungi lokasi pengungsian di Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan, Rabu (26/2). Di Kota Pekalongan, Juliari langsung menghampiri anak-anak korban banjir di posko Layanan Dukungan Psikososial (LDP). seusai menghibur anak-anak, Mensos meninjau dapur umum lapangan dan posko pengungsian. Hal yang sama juga dilakukan Mensos di halaman Pabrik Tekstil Dupantex, Kabupaten Pekalongan, yang dijadikan sebagai lokasi kunjungan berikutnya.

"Kita hadir mewakili pemerintah pusat untuk ikut bertanggung jawab dalam menanggung beban yang ditimbulkan pascabencana banjir," ujarnya saat memberikan bantuan yang dibutuhkan pengungsi secara simbolis.

Mensos didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, serta Dandim 07/10 Pekalongan, Letkol Arfan Johan W. Bupati Pekalongan menjelaskan hujan ekstrem beberapa hari yang lalu merendam hampir seluruh permukiman di daerah Pekalongan dan sekitarnya. Ia menyebut hal ini disebabkan aliran sungai yang kotor, tersumbat, dan tidak langsung mengarah ke laut. (AD/H-1)

BERITA TERKAIT