27 February 2020, 20:14 WIB

MRT Bangun Penahan Banjir di Pintu Masuk Empat Stasiun


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PT MRT Jakarta memutuskan untuk menambah pemasangan flood barrier di pintu-pintu masuk pada empat stasiun.

Langkah ini diambil berkaca dari kejadian banjir pada 25 Februari lalu. Banjir menggenangi Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin hingga setinggi 30 cm. Genangan itu hampir setinggi level anak tangga terendah pintu masuk stasiun MRT di kawasan tersebut.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar mengatakan sebelumnya sudah ada dua stasiun yang dipasangi flood barrier yakni Stasiun Dukuh Atas dan Stasiun Bundaran HI.

"Namun, pada kejadian kemarin itu kita menyadari bahwa justru di empat stasiun lainnya itu ada potensi tinggi genangan sehingga kami pasangi juga," ujar William dalam sesi Forum Jurnalis MRT Jakarta di Jakarta, Kamis (27/2).

Stasiun-stasiun yang akan dipasangi flood barrier yakni Stasiun Setiabudi, Stasiun Benhil, Stasiun Istora, dan Stasiun Senayan.

"Keempat stasiun ini rawan genangan akibat luapan Kali Krukut," ungkap William.

Sebelumnya pada Senin (24/2) dini hari hingga Selasa (25/2) siang hujan dengan intensitas lebat mengguyur Jakarta. Meskipun jalan protokol ikut tergenang, William menyebut genangan tidak sampai masuk ke stasiun.

"Tidak sampai masuk karena kan ketinggian pintu masuk memang kita tinggikan untuk mengantisipasi itu. Namun, kita tetap pasang flood barrier untuk jaga-jaga sebab itu stasiun bawah tanah," tegasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT