27 February 2020, 20:06 WIB

Arus Lalin Terganggu Puluhan Pohon Tumbang 


Kristiadi | Nusantara

HUJAN deras disertai angin kencang dan petir telah mengakibatkan puluhan pohon tumbang di sejumlah titik berada di Kota Tasikmalaya. Dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi arus kendaraan berdampak kepada kemacetan terutama berada di Jalan menuju arah Garut dan Bandung.

Hal Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya, Harisman mengatakan, hujan deras disertai angin dan kilatan petir telah menimbulkan pohon yang berada di beberapa ruas jalan protokol di Kota Tasikmalaya tumbang ke jalan hingga menyebabkan kemacetan bagi kendaraan lain. 

"Pohon tumbang terjadi di ruas jalan mulai dari Jalan Ahmad Yani Sukamanah Cipedes, Saptamarga Cikalang Tawang, Mayor Utarya Empangsari Tawang, Jalan Galunggung Tawangsari Tawang, Letjen Mashudi Garuda arah Cibeureum, Noenoeng Tisnasaputra, Ahmad Yani, Pasar Pancasila dan Tamansari. Sedangkan banjir terjadi di Mayor Utarya dan Moch Hatta termasuk atap bangunan tersapu angin kencang," katanya, Rabu (27/2).

Sementara itu, Danlanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu mengatakan, hujan masih terjadi dan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, BPBD, Polri, Kodim dan Tagana. Kewaspadaan itu tidak hanya di Tasikmalaya tetapi juga melampaui Ciamis, Garut, Banjar dan Pangandaran.

"Memang untuk kewilayahan Pangkalan TNI AU Wiriadinata luas sekali, tetapi kami terus berupaya menerjunkan anggota ke wilayah itu untuk menangani masalah banjir, longsor dan pergerakan tanah. Sedangkan, peralatan juga sudah disiapkannya dalam penanggulangan bencana mulai dari perahu karet, senso, dan lainnya tapi bencana itu harus dilakukannya karena tanggung jawab bersama," paparnya. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT