27 February 2020, 19:49 WIB

Menhub Pastikan Jemaah yang Sedang Umrah Bisa Pulang ke Tanah Air


Hilda Julaika | Humaniora

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjanjikan para jemaah umrah asal Indonesia yang tengah beribadah bisa kembali ke Tanah Air.

Kepastian ini menyusul adanya penghentian untuk sementara waktu kegiatan ibadah umrah di Arab Saudi. Budi pun memastikan pihak maskapai penerbangan yang bersangkutan akan bertanggung jawab pada pemulangan para jemaah ini.

“Kalau pemulangan kita pastikan bahwa maskapai bertanggung jawab terhadap melakukan pemulangan-pemulangan bagi yang sudah di sana,” jelasnya di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (27/2).

Lebih lanjut Budi menjelaskan sudah melakukan koordinasi dengan beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batik Air.

Baca juga : Jemaah Umrah dari Palembang Tetap Terbang Sore Ini

Koordinasi yang dilakukan meminta para maskapai ini untuk melakukan penjemputan para jemaah. Budi pun mengklaim maskapai bersedia untuk melakukan penjemputan.

“Tadi saya sempat koordinasi dengan garuda, lion, batik mereka jemput jamaah yang ada di sana,” imbuhnya kepada awak media.

Sebagai informasi, Kemenhub pun berharap agar para Jemaah yang gagal untuk berangkat umrah sesuai jadwal bisa melakukan penjadwalan ulang (reschedule).

Namun, pihaknya memahami bahwa banyak pihak yang dirugikan akibat adanya wabah korona COVID-19. Untuk itu, pembicaraan lebih lanjut mengenai solusi ini akan dilakukan dengan pihak terkait baik di Indonesia maupun dengan otoritas di Arab Saudi.

Kebijakan penghentian sementara fasilitas visa ke Arab Saudi itu merupakan upaya Negara Kerrajaan tersebut mengantisipasi penyebaran virus korona COVID-19 yang kini sudah ada di 44 negara. (OL-7)

BERITA TERKAIT