27 February 2020, 19:28 WIB

Pacu Kesiapan Sebaru, Panglima TNI Minta Pasukan Lembur


Tri Subarkah | Humaniora

PEMERINTAH menyiapkan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, sebagai lokasi observasi warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar World Dream. Langkah itu bertujuan mengantisipasi penyebaran virus korona (COVID-19).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jendral Idham Azis meninjau langsung pulau seluas 16,6 hektare (ha), untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana selama masa observasi.

Hadi mengungkapkan kesiapan di Pulau Sebaru sudah mencapai 85%. Untuk mengejar ketertinggalan, Hadi meminta seluruh komponen yang bertugas untuk lembur. Tujuannya mengebut kesiapan hingga 100%.

Baca juga: Dinkes DKI Minta Warga tidak Cemas Soal WNI dari World Dream

"Para prajurit TNI/Polri dan komponen masyarakat sesuai dengan arahan saya, hari ini lembur," tegas Hadi di Pulau Sebaru, Kamis (27/2).

Hal itu dilakukan untuk menjamin kenyamanan ratusan kru kapal pesiar World Dream. Di Pulau Sebaru, Hadi bersama Idham meninjau langsung kesiapan ruang tidur (mess) yang diperuntukkan bagi ratusan WNI.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, terdapat empat mess yang disiapkan untuk tempat beristirahan ratusan WNI. Dengan rincian, tiga mess diperuntukkan kru pria, sementara satu mess dikhususkan untuk kru perempuan.

Selain mess, fasilitas lain yang disiapkan di pulau, yaitu toilet portabel, alat penjernih air, alat insenerator, perlengkapan oksigen, sanitasi, dapur umum, klinik, BTS dan helipad. Sebelumnya, pemerintah telah mengevakuasi 188 WNI kru kapal pesiar World Dream dengan menggunakan KRI dr. Soeharso.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT