27 February 2020, 19:05 WIB

DPRD DKI Bentuk Pansus Banjir, Ini Respons Anies


Selamat Saragih | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, jajaran Pemerintah Provinsi Jakarta masih bersiaga menghadapi musim hujan yang beberapa waktu terakhir mengguyur Ibu Kota hingga mengakibatkan banjir di mana-mana.

Ia memilih tidak menjawab saat ditanya soal pembentukan pansus banjir. "Yang penting pada fase ini sekarang kami fokusnya siaga, musim hujan terus berjalan," ungkap Anies di Lantai 1 Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (27/2).

Baca juga:Pansus Banjir DKI Mulai Bekerja Pertengahan Maret

Pansus (panitia khusus) banjir dibentuk oleh DPRD DKI Jakarta sesuai rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada 24 Februari 2020. Pansus itu hendak meninjau dan mengkaji masalah banjir di Jakarta.

Dilaporkan banjir hari pertama menggenangi 294 RW dan 3.565 orang mengungsi. Namun, data terakhir menyebut dampak dari dua hari banjir melanda Jakarta mengakibatkan 6.309 warga mengungsi.

Baca juga:Banjir Jakarta Sudah Surut, 5.158 Warga Masih Mengungsi

Anies menuturkan, Pemprov DKI juga sedang bekerja menjalankan program-program untuk menanggulangi banjir di Jakarta. Akan tetapi, Anies tidak memaparkan program apa yang lagi dikerjakan dalam pengentasan permasalahan banjir ini.

"Kemudian semua program program akan kita jalankan. Sebagian sudah bisa langsung dijalankan, sebagian perlu waktu karena harus menunggu air surut," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, telah menyetujui pembentukan pansus banjir. Dalam dua bulan terakhir, DKI Jakarta sudah tujuh kali mengalami banjir. Dua di antaranya merupakan banjir besar. (Ssr/A-3)

BERITA TERKAIT