27 February 2020, 18:44 WIB

Selain Cesium 137, SM Menyimpan Zat Radioaktif Lainnya


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Megapolitan

PIHAK kepolisian dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) terus melakukan pemeriksaan terhadap rumah milik SM, pegawai Batan yang menyimpan zat radioaktif cesium 137 (Cs-137).

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Asep Adi Saputra, dikediaman SM yang berada di area Komplek Perumahan Batan Indah, Serpong ini ada beberapa jenis zat radioaktif lainnya selain Cs-137.

"Sebagai pegawai Batan yang masih aktif, ia memiliki banyak jenis zat radioaktif, selain Cs-137. Kami terus dalami," kata Asep yang ditemui Kamis (27/2) di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan akan terus menyelidiki kepemilikan zat radioaktif ini, termasuk apakah SM juga yang membuang bahan kimia Cs- 137 yang ditemukan di sebuah lahan kosong komplek tersebut.

"Nanti saya akan cek kembali, sampai sejauh ini memang ditemukan ada beberapa zat selain Cs-137 itu di kediamannya SM. Ini masih didalami, zat radioaktifnya itu berasal dari mana," kata Asep.

SM yang saat ini masih dalam status saksi ini pun terus diperiksa. Namun Asep menegaskan beberapa jenis bahan kimia yang ditemukan juga saat penggeledahan Selasa (25/2) dikediaman SM ini benar merupakan zat radioaktif. "Secara spesifik belum disebutkan (jenis zat radioaktif), tapi itu termasuk golongan radioaktif," lanjut Asep.

Yang jelas katanya, menyimpan zat radioaktif yang tidak bisa sembarangan dimiliki ini termasuk pelanggaran karena menyimpan secara ilegal. (OL-4)

BERITA TERKAIT