27 February 2020, 18:33 WIB

Amankan Tiket Olimpiade, Hafiz/Gloria Fokus ke All England


Akmal Fauzi | Olahraga

BATALNYA kejuaraan German Open 2020 berpengaruh terhadap peluang ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Turnamen super 300 itu batal digelar lantaran wabah virus korona baru (Covid-19) telah menyebar ke Eropa. Hafiz/Gloria yang telah didaftarkan ke turnamen yang rencananya digelar 3 Maret itu harus kehilangan poin untuk menjaga asa lolos ke Olimpiade.

Baca juga: Dikepung COVID-19, KOI Beri Dukungan Moral untuk Olimpiade Tokyo

Apalagi, mereka yang kini berada di posisi ke delapan dunia harus segera menambah poin, mengingat mereka belum berlaga di tahun ini.

Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiharto memaklumi kondisi itu meski cukup merugikan. Achmad mengatakan, Hafiz/Gloria dan para atlet yang mengejar poin untul lolos Olimpiade 2020 akan fokus di kejuaraan lainnya seperti All England pada 11 Maret 2020.

"Kami menghargai keputusan panitia dan negara penyelenggara. Dan tentunya keputusan tersebut berdasarkan alasan kuat terkait keselamatan dan kesehatan para atlet," kata Achmad saat dihubungi, Kamis (27/2).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, terus memantau perkembangan turnamen ke depannya. Sejauh ini sudah ada empat turnamen yang batal masuk perhitungan poin Olimpiade karena wabah Covid-19.

Selain German Open, ada China Masters Super 100, Vietnam International Challenge, dan Polish Open International Challenge yang ditunda, sehingga tidak bisa masuk poin perhitungan menuju Olimpiade.

“Kami masih terus memantau perkembangannya. Ada kabar apa dari BWF. Karena ini terkait perhitungan Olimpiade, tapi kami juga tetap memikirkan keselamatan para atlet. Kami juga terus menunggu informasi terbaru dari Kabid Hubungan Internasional PBSI,” kata Susy. (OL-6)

BERITA TERKAIT