27 February 2020, 18:11 WIB

Telkom Siapkan US$500 Juta Dalam Seri Terbaru Pendanaan Startup


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PT Telkom Indonesia akan mengalokasikan dana sebesar US$300 juta hingga US$500 juta untuk menbiayai perusahaan rintisan atau startup.

Dana itu sekaligus lanjutan dari seri pendanaan terhadap startup yang dilakukan Telkom yang telah mengucurkan US$100 juta ke 34 startup Indonesia dan global.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Budi Gunadi Sadikin mengatakan langkah tersebut sangat penting untuk mengimbangi gerakan ekonomi digital yang terus berkembang.

Baca juga : Komitmen Telkom Dukung Akselerasi Ekosistem Digital Indonesia

"Telkom itu industri dengan capex yang sangat tinggi, tetapi EBITDA menurun dan pendapatannya stagnan. Jadi kami harus berinovasi, bergerak dari infrastruktur digital ke digital platform," ujar Budi dalam acara Digital Economy Summit 2020 di Jakarta, Kamis (27/2).

Selain melakukan pembiayaan kepada startup, perseroan juga membentuk Indigo sebagai inkubator atau pendamping perusahaan-perusahaan startup.

Budi mengungkapkan startup bukan hanya membutuhkan modal, tetapi juga arahan serta pengawasan.

Melalui Indigo startup-startup terpilih akan mendapat fasilitas dan akses kepada para ahli sehingga mereka mampu berkembang dengan baik. (OL-7)

BERITA TERKAIT