28 February 2020, 07:05 WIB

Mandiri Gaet Platform Daring dan Rintisan untuk Pasarkan KPR


Despian Nurhidayat | Ekonomi


Bank Mandiri bersinergi dengan platform e-commerce BukaLapak untuk mendorong ekspansi produk KPR secara online melalui menu BukaRumah, serta dengan perusahaan rintisan properti Pinhome.id dalam penyediaan dan pemasaran properti secara digital.

Melalui menu BukaRumah, Bank Mandiri nantinya akan menawarkan stok properti di seluruh Indonesia yang berasal dari developer rekanan kepada pengguna Bukalapak.

Secara periodik, stok ini akan diperbarui oleh Pinhome.id dengan menambah daftar properti yang ditawarkan agar dapat memberikan variasi produk sesuai kebutuhan masyarakat.

Saat ini, proses pengembangan menu BukaRumah di platform Bukalapak ini telah berada pada tahap finalisasi dan akan dapat dinikmati secara luas pada Q2 2020.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan usaha berbasis platform ini merupakan inisiatif perseroan untuk mengadopsi perkembangan teknologi informasi dalam menciptakan efisiensi dan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat.

“Melalui kerja sama ini, kami ingin menciptakan pengalaman baru bertransaksi properti. Cukup dengan menggerakkan jari pada gawai yang dimiliki, masyarakat dapat memiliki aset properti yang dibutuhkan. Apalagi kami juga memiliki program-program promo yang menarik pada kerja sama ini,” ungkap Hery saat mengunjungi arena pameran properti Bukalapak dan Bank Mandiri di Menara Mandiri, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2).

Hery melanjutkan masyarakat dapat langsung mengajukan aplikasi atas aset properti yang diinginkan pada menu yang sama agar dapat segera diproses. Bahkan jika seluruh persyaratan formal telah dipenuhi, masyarakat dapat persetujuan dalam waktu yang relatif cepat.

“Masyarakat juga dapat memperoleh kejelasan progress pengajuan kredit yang di-update secara berkala di platform Bukalapak,” lanjutnya.

Adapun program promo yang diberikan dalam kerjasama dengan Bukalapak ini antara lain kesempatan untuk mendapatkan cashback dan furniture pilihan, diskon khusus harga properti, hingga angsuran yang lebih ringan daripada pengajuan secara offline.

Hery berharap kerja sama ini akan dapat meningkatkan transaksi kredit kepemilikan properti Bank Mandiri di atas 8% pada akhir tahun ini setelah mencatat kenaikan 2,8% pada akhir tahun lalu menjadi Rp44,3 triliun

"Khusus di primary market, penyaluran kredit Bank Mandiri tumbuh 12,63%, sehingga untuk pencapaian target KPR di 2020 diperlukan kolaborasi aktif dengan Developer rekanan dalam bentuk joint event seperti yang diadakan saat ini yaitu Property Expo," pungkas Hery

Sementara itu, CEO BukaLapak Fajrin Rasyid mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Bank Mandiri merupakan pilihan yang tepat bagi pihaknya. Pasalnya, menurut Fajrin, Bank Mandiri merupakan bank yang memiliki inovasi dan inisiatif yang baik.

"Kita juga senang dengan Mandiri, karena terbuka dengan inovasi baru. Ini kerja sama ketiga atau empat kalinya kami bersama Bank Mandiri dalam satu atau dua bulan terakhir," tambah Fajrin.

Saat ini, dia mengatakan bahwa properti yang tersedia di BukaRumah baru merambah kawasan Jabodetabek. Namun, dia tak menutup kemungkinan untuk mengekspansi beberapa daerah lainnya.

"Untuk di daerah lainnya kami masih lihat soalnya masih progres. Jadi tidak tertutup kemungkinan ada daerah lain juga," tutupnya. (E-3)

BERITA TERKAIT