27 February 2020, 17:38 WIB

Jadi Lokasi Observasi WNI, Kesiapan Pulau Sebaru 85%


Tri Subarkah | Humaniora

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut kesiapan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, sebagai lokasi observasi warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar World Dream, sudah mencapai 85%.

Hal itu disampaikan Hadi saat mengunjungi pulau terpencil bersama Kapolri Jenderal Idham Azis. "Kesiapan sudah 85%. Tinggal kita (siapkan) seperti toilet portabel, kita harus lengkapi. Sudah ada di pinggir pantai, akan kita masukan," kata Hadi saat meninjau Pulau Sebaru, Kamis (27/2).

Di samping toilet portabel, sarana lain yang menjadi perhatian ialah penjernih air, alat insenerator, alat oksigen, landasan helikopter (heliped), serta perlengkapan pendukung lain. Peralatan dapur umum juga sudah disipakan.

Baca juga: Inilah Alasan Pulau Sebaru Jadi Karantina ABK World Dream

Hadi turut meninjau fasilitas mess untuk tempat tidur WNI yang akan diobservasi. Dia pun menyoroti hal kecil, seperti plastik yang harus ditambahkan, agar air dari penyejuk udara (AC) tidak bocor.

"Saya cek lagi terutama AC. Supaya mereka nyaman untuk tidur di sini. Kemudian, ada beberapa yang harus kita tambahin di sini, seperti kipas angin. Apabila mereka ada yang tidak suka dengan AC, masih ada kipas angin," pungkas Hadi.

Begitu tiba di Pulau Sebaru, WRI yang dibawa dengan KRI dr. Soeharso, bisa langsung memasuki tempat observasi. "Jika besok datang, sudah langsung bisa masuk. Mereka tidak kesulitan. Ruangannya ber-AC, toilet harus siap, termasuk selimut. Tadi Bapak Kapolri juga bawa sekitar 200 selimut untuk WNI yang akan ditampung di sini," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengevakuasi 188 WNI kru kapal pesiar World Dream dengan menggunakan KRI dr. Soeharso di Selat Durian, Kepulauan Riau, pada Rabu (26/2) kemarin. Ratusan WNI dijadwalkan tiba di Pulau Sebaru pada Jumat (28/2) sore.(OL-11)

BERITA TERKAIT