27 February 2020, 17:30 WIB

Intensitas Hujan Tinggi, Kata Anies: Kami Selalu Waspada


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pihaknya selalu siaga dalam menghadapi banjir. Pasalnya, dari prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan dengan intensitas tinggi bakal menerpa Jakarta.

"Yang penting pada fase ini sekarang kita fokusnya siaga, musim hujan terus berjalan. Alhamdulillah sekarang ini sudah bisa dikatakan surut," kata Anies di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2).

 

Baca juga: Banjir Jakarta Sudah Surut, 5.158 Warga Masih Mengungsi

 

Menurut Anies, ada beberapa tempat pengungsian yang masih aktif yang biasanya ditempati korban banjir pada siang hari. Namun, pada malam hari beberapa warga balik lagi ke rumah. Salah satu tempat yang menjadi tempat pengungsian ialah di Universitas Borobudur, Jakartw Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga menyebut ada 70 lokasi tempat pengungsian dengan catatan sebanyak 5.158 warga Jakarta masih mengungsi.

"Saya tadi malam inspeksi juga beberapa tempat yang jadi pengungsian. Itu status per hari ini," tutur mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan 2014-2016 itu.

Anies mengaku sudah berupaya keras menangani banjir yang terjadi pada Selasa (25/2) lalu. Yakni dengan membersihkan genangan menuju saluran air dan memompa dengan mesin-mesin pompa yang dikerahkan.

"Semua program program akan kita jalankan. Sebagian sudah bisa langsung dijalankan, sebagian perlu waktu karena harus menunggu air surut," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT