27 February 2020, 16:55 WIB

Ridwan Kamil Hormati Keputusan Arab Saudi Setop Umrah


Bayu Anggoro | Nusantara

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengajak semua pihak menghormati keputusan Kerajaan Arab Saudi yang menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing untuk mencegah penyebaran virus Korona atau Covid-2019.

Apalagi, kata dia, hingga saat ini belum ada kejelasan dalam penanganan wabah virus yang sudah menyebabkan ribuan orang meninggal dunia di sejumlah negara tersebut. Dia menilai, langkah Arab Saudi itu bisa dimengerti.

Baca juga: Gara-Gara Virus Korona, Arab Saudi Bekukan Umrah

"Yang paling ekstrem adalah melarang datang dan pergi mereka yang  terdampak atau dari daerah terdampak.  Jadi, kita menghormati saja," kata Emil di sela-sela peninjauan lokasi banjir di Kampung Kedung Gede, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Kamis (27/2).

Emil kembali menegaskan, saat Kerajaan Arab Saudi memutuskan penangguhan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing, hal itu harus dihormati sebagai kebijakan dalam negeri mereka. Ini sama dengan Indonesia yang memberhentikan penerbangan dari dan ke Tiongkok.

"Saya kira hal yang sama dilakukan (Kerajaan Arab Saudi) yah," katanya.

Pihaknya pun sangat memahami tingkat kesulitan yang dihadapi Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah penyebaran wabah virus Korona dari jutaan jamaah umrah asing ke negaranya.

"Saya pahamlah dengan jutaan orang ke Madinah dan Makkah, mensterilkan potensi menyebarnya virus, lebih repot," katanya. (BY/A-1)

BERITA TERKAIT