27 February 2020, 15:08 WIB

Jelang Kedatangan WNI, Panglima TNI-Kapolri Cek Kesiapan Sebaru


Tri Subarkah | Humaniora

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jendral Idham Azis, memantau kesiapan Pulau Sebaru, Kepualauan Seribu. Mengingat, pulau itu dijadikan lokasi observasi bagi 188 warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar World Dream, untuk mengantisipasi wabah virus korona (COVID-19).

"Satu hari menjelang kita menerima saudara WNI dari kapal World Dream yang rencananya (berjumlah) 188, akan tiba besok menjelang siang. Untuk itu, mari sama-sama saling bahu membahu untuk mempersiapkan yang dibutuhkan sesuai standar protokol WHO," tutur Hadi di Pulau Sebaru, Kamis (27/2).

Aspek yang menjadi fokus utama dalam kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ialah kondisi kamar untuk WNI. Hadi meminta penyejuk udara (AC) dipasang di setiap mess demi kenyamanan WNI yang diobservasi.

Baca juga: Wabah Korona, 188 Awak Indonesia di Kapal World Dream Dipulangkan

"Kemudian, dukungan lainnya termasuk sanitasi, dapur umum, klinik tempat kesehatan dan tempat untuk kegiatan sehari-hari bagi WNI yang diobservasi," jelas Hadi.

Menyoroti lokasi Pulau Sebaru yang cukup jauh dari Jakarta, Hadi juga menekankan pentingnya sarana transportasi pendukung logistik, serta ketersediaan obat-obatan. Selain kapal, helikopter juga akan disiapkan untuk situasi darurat.

"Dan juga pulau ini diperkuat dengan alat komunikasi. Perkuatan titik BTS (Base Transceiver Station). Sehingga, hubungan antara pulau dengan mainland di Jakarta, juga bisa terhubung dengan baik. Jadi, sewaktu-waktu bisa berkomunikasi," ucap Hadi.

Hadi berharap dengan persiapan yang optimal, proses peralihan 188 WNI dari KRI dr. Soeharso ke Pulau Sebaru dapat berjalan lancar. Sebelumnya, evakuasi kru kapal pesiar World Dream dilakukan dengan proses ship to ship di perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, pada Rabu (26/2) kemarin.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT