27 February 2020, 13:46 WIB

KBRI Arab Saudi Upayakan Jamaah Indonesia Tetap Bisa Umrah


Nur Aivanni | Internasional

DUTA Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan pihaknya tengah melakukan pendekatan kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi agar jamaah umrah Indonesia yang sudah mengantongi visa umrah diizinkan masuk ke wilayah Arab Saudi.

Hal itu mengingat Indonesia tidak termasuk dalam negara yang terkonfirmasi terkena wabah virus korona (Covid-19).

"Betul (sedang diupayakan) sebagai bentuk ikhtiar kami untuk bantu jamaah," katanya saat dikonfirmasi Media Indonesia, Kamis (27/2).

Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi telah mengambil langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran virus korona dengan menghentikan sementara warga negara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umrah dan ziarah Masjid Nabawi.

Baca juga: DPR Mengaku Terkejut Arab Saudi Bekukan Umrah

KBRI Riyadh, kata Agus, terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi untuk memastikan pelaksanaan teknis dari kebijakan penghentian sementara masuknya jamaah umrah ke Arab Saudi dari negara-negara lain termasuk Indonesia.

Serta, pihaknya akan memastikan keberadaan jamaah umrah warga Indonesia yang saat ini sudah berada di wilayah Arab Saudi.

Lebih lanjut, Agus mengutarakan dari informasi yang diperolehnya, ada sekitar 30 jamaah umrah dari Indonesia yang tertahan di Bandara Dubai pada hari ini. Mereka tidak diperbolehkan masuk ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah.

"Itu akan di-handle oleh KJRI Dubai," katanya. (OL-1)

BERITA TERKAIT