27 February 2020, 11:09 WIB

DPR Mengaku Terkejut Arab Saudi Bekukan Umrah


Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora

ANGGOTA Komisi VIII DPR Ace Hasan mengatakan DPR berharap ada penjelasan resmi dari otoritas Kerajaan Arab Saudi soal kebijakan penghentian sementara umrah. Setidaknya untuk Indonesia dari Kedutaan Arab Saudi di Jakarta tentang hal tersebut.

"Jika benar kebijakan ini. Terus terang kami sangat kaget ya dengan kebijakan Arab Saudi yang menghentikan sementara calon jemaah umrah akibat virus korona," ujar Ace, dalam keterangan resmi, Kamis (27/2).

Ace mengatakan seharusnya pemerintah Arab Saudi sudah sangat siap menghadapi penyebaran virus korona seperti yang pernah mereka alami pada 2013 lalu.

Baca juga: Kemenag Minta Jemaah Umrah Indonesia Bersabar

"Yang kami pikirkan tentu para jemaah umrah yang sudah diagendakan berangkat pada saat ini. Tentu mereka sangat berharap bisa berangkat sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan travel," ujar Ace.

Namun, Ace juga memahami pihak Arab Saudi juga memiliki pertimbangan yang kuat dengan kebijakan tersebut.

"Nah yang harus dijelaskan Pemerintah Arab Saudi sampai kapan kebijakan ini akan diterapkan? Apakah memang di Arab Saudi sendiri sudah teridentifasi dari para jamaah umrah ini yang sudah terpapar positif virus korona?" ujar Ace. (OL-1)

BERITA TERKAIT