27 February 2020, 06:30 WIB

Irwan Wijaya Wakili UD Trucks Indonesia ke Jepang


(Cdx/S-3) | Otomotif

KOMPETISI keterampilan pengemudi truk Extra Mile Challenge kembali digelar UD Trucks Indonesia. Kegiatan tahunan yang sudah digelar keempat kalinya ini tidak hanya menantang peserta menghemat pemakaian bahan bakar, tetapi juga meningkatkan produktivitas kendaraan.

Marketing and After Sales Service Director PT UD Astra Motor (UDAM), Aloysius Chrisnoadhi, mengatakan Extra Mile Challenge 2020 merupakan kompetisi antarpengemudi UD Trucks yang menggabungkan semua aspek, mulai kecanggihan kendaraan, keamanan, dan efisiensi.

Kemarin, enam pengemudi UD Trucks terbaik di daerah masing-masing dalam kompetisi serupa saling unjuk gigi di final Extra Miles Challenge 2020 yang diselenggarakan di kawasan BSD, Tangerang Selatan. Mereka menghadapi tes tertulis dan tes di lapangan (praktik).

Keenam peserta itu terdiri atas empat pengemudi dari Jakarta dan dua sisanya dari Surakarta dan Palembang, yang mewakili perusahaan masing-masing. Mereka ialah Achmad Darwilis (PT Pertamina Patra Niaga), Agustiadi (PT Dunia Express Transindo), Irwan S Wijaya (PT Lancar Central Logistics), Saiful Anwar (PT Duta Lintas Nusa), Ahmad Saiful Hanafi (PT Alam Widjajatrans), dan Rusdi (PT Agung Teratai Makmur).

Dari hasil kompetisi itu, Irwan S Wijaya mampu memenangi kompetisi bergengsi tersebut. Irwan mewakili UD Trucks dari Indonesia untuk berlaga dalam ajang dunia Extra Mile Challenge di Jepang menghadapi finalis lain dari berbagai negara.

Sebagai pengemudi yang sudah memiliki jam terbang selama 22 tahun, ia menganggap kompetisi ini memiliki tantangan sangat sulit. Pasalnya, pengemudi harus mahir mengendalikan arah kendaraan, menjalankan dengan aman dan efisien, serta mengatur kecepatan sesuai rambu, termasuk cara pengereman.

"Misalnya saat ujian, di bagian belakang ada bejana diisi dengan air. Di situ kita harus mengatur kecepatan seakurat mungkin karena sebisa mungkin air tidak boleh tumpah, apalagi terdapat jebakan-jebakan di tengah jalan, seperti tiba-tiba ada motor menyeberang dan mobil yang menghalangi jalan," ujar Irwan.

Program rutin

President Director UDAM, Valery Muyard, menekankan UD Trucks amat peduli terhadap pengemudi. "Extra Mile Challenge sebagai program rutin tiap tahun adalah salah satu buktinya. Kami harap dengan kompetisi global ini dapat memotivasi lahirnya pengemudi-pengemudi cerdas yang tidak hanya andal, tetapi juga mampu mengemudi dengan aman dan efisien," ujar Valery.

Karena itu, sebelum para pengemudi berlaga pada kompetisi ini, mereka lebih dahulu dibekali pelatihan dari tim UD Trucks, mulai memeriksa serta mempersiapkan kendaraan sebelum menjalankan kendaraan hingga hal lainnya terkait dengan efisiensi, keamanan, dan keselamatan berkendara. (Cdx/S-3)

BERITA TERKAIT