26 February 2020, 18:00 WIB

Atasi Banjir Jabodetabek, Jababeka Siapkan Tim Khusus


Ghani Nurcahyadi | Megapolitan

BANJIR yang kembali melanda wilayah Jabodetabek pada 24-25 Februari memberi peringatan bencana alam tersebut bisa kembali terjadi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut banjir itu disebabkan curah hujan tinggi yang menyulut naiknya debit air sungai.

Masyarakat pun diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi banjir karena diprediksi masih berlanjut hingga Maret, Menanggapi imbauan itu, Jababeka Residence menyiapkan tim lapangan mengantisipasi dan menangani banjir di wilayah Cikarang, terutaram Jababeka.

Tim lapangan itu akan bekerja terkait aktivasi sistem pompa air berkapasitas besar (dengan daya sampai dengan 1000 liter/detik ) selama 24 jam non-stop, memberikan jasa storing kendaraan serta evakuasi bagi warga/karyawan yang terjebak banjir, hingga meyediakan persediaan makanan bagi korban banjir.

Baca juga : BNPB: Jumlah Pengungsi Banjir Jabodetabek 19.901 Orang

“Kami terus melakukan kordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menghadapi musibah banjir ini serta mempersiapkan langkah mitigasi kedepannya.” kata Eric Limansantoso, GM Corporate Marketing Jababeka Residence dalam keterangan tertulisnya.

Eric mengatakan, pihaknya juga telah membentuk Team Jababeka Water Management yang ditugaskan secara khusus untuk menangani perihal banjir di Jababeka dan bekerja sama bersama warga, polisi serta pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tim khusus ini telah mempersiapkan langkah-langkah strategis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang nantinya akan diimplementasikan dalam skala mikro dan juga makro dalam mengatasi musibah banjir ini.

"Jababeka memastikan seluruh pelayanan ini tersedia kapan saja dan bagi siapa saja yang membutuhkan," pungkas eric. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT