26 February 2020, 20:56 WIB

Ketua DPR Bahas Virus Korona Saat Bertemu Parlemen Internasional


Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora

DPR RI menjadi tuan rumah peresmian Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Dengan Parlemen Negara Sahabat.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPR, Puan Maharani mengajak parlemen dunia turut aktif untuk mencegah dan mengatasi virus korona COVID-19 di negara masing-masing.

“Wabah virus korona bukanlah persoalan atau tanggung jawab satu atau dua negara saja, tapi sudah menjadi persoalan yang perlu diselesaikan bersama-sama oleh semua masyarakat dunia,” ujar Puan, di gedung DPR, Jakarta, Rabu, (26/2).

Puan mengatakan, wadah GKSB harus dimanfaatkan oleh parlemen untuk bertukar informasi mengenai berbagai hal. Salah satunya virus korona.

“Informasi yang diperoleh anggota-anggota parlemen bisa disampaikan ke pemerintah masing-masing untuk membantu mengatasi penyebaran virus korona di negara masing-masing," ujar Puan.

Baca juga : Ini Tips Antisipasi Penularan Virus Korona dari kemenkes

Puan berharap DPR RI dengan GKSB dapat menghasilkan terobosan atau inovasi untuk memecahkan tantangan-tantangan baru di dunia. Seperti virus korona ataupun masalah global lainnya.

GKSB dengan parlemen negara sahabat merupakan program BKSAP DPR RI yang memfokuskan diri pada hubungan eksternal DPR-RI dan berperan dalam mendorong kemitraan dengan parlemen-paremen negara lain.

Peresmian GKSB dihadiri para duta besar negara sahabat, anggota parlemen luar negeri, anggota korps diplomatik, anggota BKSAP DPR RI dan para anggota DPR RI seluruh fraksi.

Wakil Menteri luar negeri Mahendra Siregar ikut menghadiri acara yang dihelat Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI tersebut. (OL-7)

BERITA TERKAIT