26 February 2020, 19:26 WIB

IMS 2020 Majukan Sektor Balap Motor Indonesia


Akmal Fauzi | Olahraga

KEJUARAAN nasional (Kejurnas) Indonesia Motorsport Series (IMS) akan digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Juni mendatang.

Seri tertinggi balap sepeda motor di Indonesia, diyakini menjadi ajang bagi pebalap Indonesia untuk naik ke jenjang Asia. Ketua Umum Ikatan Motor Indoensia (IMI), Sadikin Aksa, mengatakan IMS 2020 rencananya akan berlangsung lima putaran.

Bekerja sama dengan SRM Indonesia selaku promotor, dia meyakini ajang ini akan mengembangkan sektor balap sepeda motor di Tanah Air.

“Kami berinisiatif bersama SRM Indonesia untuk mengemas balapan ini menjadi balapan yang menarik. Diharapkan menjadi jenjang pebalap nasional berlaga di ajang internasional,” kata Sadikin di Grand Studio Metro TV, Rabu (26/2).

IMI selaku regulator, lanjut dia, akan turun langsung memantau persiapan IMS 2020. Sadikin menyebut peraturan untuk ajang balap akan diperketat dari ajang sebelumnya, termasuk soal sirkuit. Penyelenggaran balap tahun ini dilakukan di sirkuit tertutup, yakni Sirkuit Internasional Sentul.

Baca juga: Indoclub Bakal Go Public Bikin Balapan Motor Makin Menarik

“Ini untuk keselamatan pebalap dan juga penonton. Jadi tidak lagi di jalan raya. Karena tanpa keamanan dan regulasi yang ketat, ini tidak bisa jadi tontonan yang menarik,” pungkasnya.

Tahun ini, IMI menggandeng Metro TV sebagai stasiun TV yang menyiarkan secara langsung ajang balap Motorsport itu. CEO Media Group, Mohammad Mirdal Akib, mengatakan Metro TV bangga untuk berpartisipasi dalam ajang IMS 2020.

Dengan disiarkan secara langsung melalui 127 tramsmitter dan satelit yang dimiliki Metro TV, sangat mendukung perkembangan otomotif di Indonesia. “Sebuah kehormatan untuk Metro TV memberikan tontonan besar. Melalui program ini, kita katakan Indonesia bisa menyelenggarakan event nasional, bahkan internasional,” tutur Mirdal.

IMS 2020 berlangsung 20 Juni-22 November di Sirkuit Internationasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kejurnas Sport 250 dan Kejurnas Sport 150 akan menjadi kelas utama di IMS yang digelar sebanyak lima seri tahun ini. Terdapat juga kelas tambahan di Sport 250 Open, Sport 150 Rookie, Superstock 600 dan Superstock 1000 yang meramaikan Kejurnas Motorsport.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT