26 February 2020, 18:55 WIB

Mayoritas Tersangka Perusuh Mall AEON Anak-anak


Tri Subarkah | Megapolitan

Pihak kepolisian sudah menetapkan delapan orang sebagai tersangka yang diduga merusuh di Mall AEON Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur.
"Dari delapan orang ini, enam di antaranya anak-anak," ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto di Mapolres Metro Jakarta Timur, Rabu (26/2).

Menurut Suyudi, proses penyidikan akan dilakukan secara khusus karena mayoritas tersangka adalah anak di bawah umur. Oleh karena itu, kepolisian akan menggandeng Balai Permasyarakatan dan orang tua.

Baca juga: Pemprov DKI Benarkan Pengembang Mal Aeon belum Selesaikan Waduk

Saat ini, keenam tersangka tersebut dititipkan di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus Handayani, Bambu Apus, Jakarta Timur.

"Dititipkan sementara di Handayani untuk proses lebih lanjut. Kalau memang nanti dalam waktu yang ditentukan, 7 hari ke depan perlu adanya sebuah proses diversi akan dilakukan oleh penyidik," papar Suyudi.

Pada kesempatan tersebut, Suyudi menegaskan pihaknya tidak akan mentolelir tindakan kekerasan sekecil apapun yang dilakukan masyarakat atau perorangan.

"Bukan berarti anak-anak, terus melakukan kekerasan-kekerasan. Justru kita harus jaga anak-anak kita jangan sampai generasi muda kita ini jadi generasi yang selalu kerap kali melakukan kekerasan-kekerasan yang membahayakan," tandasnya.

Para tersangka yang sudah ditetapkan adalah Adek Wahyudi (20), Ilham Firmansyah (22), HB (17), SA (16), ARS (15), FAS (16), DA (16), dan AB (16). Mereka dijerat dengan Pasal 170 dan atau Pasal 160 dan atau Pasal 406 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman pidana di atas lima tahun penjara. (OL-14)

BERITA TERKAIT