26 February 2020, 18:13 WIB

Bus Sekolah Gratis Layani Siswa Pelosok Pedesaan


Lilik Darmawan | Nusantara

BUS sekolah yang melayani anak-anak sekolah di pelosok pedesaan di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mulai dioperasikan pada Rabu (26/2). Bupati Banyumas Achmad Husein ikut mengantarkan anak-anak yang umumnya bersekolah di Kecamatan Banyumas dari sejumlah desa di Kecamatan Somagede.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bus sekolah tersebut merupakan bantuan dari Ditjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kemenhub telah dimanfaatkan secara maksimal. Bupati meminta kepada para sopir untuk berhati-hati saat mengantarkan anak sekolah. "Kami berharap bus ini akan bermanfaat bagi anak-anak sekolah," kata Bupati. Bupati ikut bus tersebut sejak dari Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede menuju ke Kecamatan Banyumas.

Salah seorang siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Banyumas, asal Desa Kemawi, Saiful Mardiansyah, mengaku senang adanya bus sekolah yang telah beroperasi. "Sebelum ada bus sekolah, saya diantar oleh orang tua. Sekarang lebih nyaman, karena sudah ada bus sekolah. Karena gratis, maka akan lebih hemat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan angkutan gratis tersebut untuk mempermudah pelajar yang berada di desa-desa pelosok di wilayah Kecamatan Somagede bagian selatan, karena jalur tersebut belum ada angkutan umum. Bus bantuan berjumlah dua unit tersebut setiap harinya melayanani rata-rata 110 hingga 120 anak. "Kami  telah menyosialisasikan lokasi-lokasi yang menjadi jalur bus," katanya. (OL-12)

BERITA TERKAIT