26 February 2020, 18:03 WIB

Jelang Pilkada Serentak, Pemerintah Percepat Distribusi KTP-e


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) diminta untuk meningkatkan intensitas persiapan Pilkada 2020 yang akan berlangsung mulai Juli 2020. Penyelesaian masalah KTP elektronik (KTP-e) jadi salah satu yang diminta untuk diprioritaskan.

"Pak Mendagri (Menteri Dalam Negeri) harus mengecek betul di lapangan seperti apa," ujar anggota Komisi II DPR RI, Johan Budi, dalam rapat kerja dengan Kemendagri di Kompleks Parlemen, Rabu (26/2).

Mendagri, Tito Karnavian, mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk soal KTP-elektronik (KTP-e).

"Kami melakukan percepatan KTP-e sebelum hari pemungutan suara dilakukan," tutur Tito.

Baca juga: Ada 16 Juta Blanko KTP-el Baru, Ayo Segera Buat KTP-el

Tito mengatakan Kemendagri menyiapkan setidaknya 17,5 juta keping blangko KTP-e. Sebanyak 7,5 juta keping sudah didistribusikan dan 10 juta disediakan sebagai cadangan.

"Kami ajukan Rp 250 miliar untuk waspadai kemungkinan pertengahan rahun ada kekurangan. Sehingga, surat dikirim ke Kemenkeu tambahan blangko KTP-e. Tapi kami yakin tidak ada kekurangan blangko KTP-e," pungkasnya.

Selain itu, Kemendagri juga tengah melakukan pemetaan daerah yang rawan konflik. Dengan begitu, upaya preventif bisa dilakukan dengan maksimal.

"Kami lakukan pemetaan potensi konflik dan variabel tersendiri. Berusaha dukung dan bantu pemerintah juga tingkatkan partisipasi pemilih," pungkasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT