26 February 2020, 17:57 WIB

Bupati Brebes Ingatkan Kades Hati-Hati Kelola DD


SUPARDJI RASBAN | Nusantara

BUPATI Brebes, Jawa Tengah, Idza Priyanti, kembali mengingatkan para kepala desa (kades) untuk berhati-hati dalam mengelola dana desa (DD). Jangan sampai salah kelola yang bisa berimbas sampai diproses hukum terkait pengelolaan keuangan dan aset desa.

Hal itu disampaikan Idza, saat melantik kepala Kades yang merupakan hasil Pilkades Serentak Tahap II dari enam kecamatan wilayah Brebes Tengah, Rabu (26/2/2/20).

Ada sejumlah pesan bupati saat melantik para kades baru sebanyak 36 orang tersebut.

Pertama, kades harus segera mempelajari dan memahami Peraturan Perundang-undangan tentang desa yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam melangkah, menunaikan tugasnya.

Kedua, segera bangun sinergitas dengan Badan Permusyawaran Desa untuk menjalankan program kerja yang telah disiapkan. Ketiga, rangkul semua elemen masyarakat yang ada termasuk yang sempat menjadi pesaing dalam kontestasi pilkades agar bisa tercipta iklim kondusif.

"Keempat, jalankan roda pemerintahan dengan penuh tanggung jawab. Kelima,  berdayakan dan optimalkan perangkat desa yang sudah ada dan berpengalaman, dan keenam, jangan sampai menyelewengkan kewenangan." ujar Idza.
     
Idza ingin agar Kades yang baru tidak sekali kali mengecewakan masyarakat, terutama mereka yang telah memberikan dukungan. "Jangan kecewakan masyarakat, kerahkan semua kemampuan untuk membangun desa," ucapnya

Dia menuturkan, masyarakat banyak mengeluh tentang transparansi DD. Seperti tidak adanya papan proyek atau pengelolaan dana desa yang
terpampang di tempat-tempat strategis desa yang bersangkutan.

Lebih lanjut Idza mengajak agar Kades yang terpilih segera beradaptasi dan membaur dengan seluruh elemen masyarakat desa. Sebanyak 38 Kades yang dilantik berasal dari Kecamatan Jatibarang, Songgom, Larangan, Ketanggungan, Kersana dan Banjarharjo. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT