26 February 2020, 16:27 WIB

Koordinasi Banjir, Emil Batalkan Lawatan ke Turki


Bayu Anggoro | Nusantara

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) tidak hadir dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama DPR RI pada Rabu (26/2) terkait penanganan banjir. Ketidakhadiran Emil dikarenakan saat ini orang nomor satu di Jawa Barat (Jabar) itu tengah berada di Australia.

Berdasarkan unggahan akun resmi instagramnya @ridwankamil, tiga hari laludiketahui Emil meresmikan kedai kopi yang sekaligus menjadi promosi budaya
Jabar di Australia. Setelah itu, Emil masih memiliki berbagai agenda kerja sama lainnya terutama terkait investasi dari Negeri Kangguru.

Baca juga: Ridwan Kamil Terpesona Blue Flame Gunung Ijen

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerjasama Provinsi Jabar Dani Ramdan mengatakan kerja sama di Australia ini berdampak positif bagi Jabar, satu di antaranya untuk membuka ekspor kopi ke negara tersebut.

"Kerja sama antara pengusaha kopi asal Jabar dengan importir dari Victoria," katanya. Selain itu, lanjut dia, Emil juga menggelar diskusi dengan Melbourne University untuk membicarakan pembangunan inklusif dan revitalisasi Citarum.

Rencana semula, menurutnya, Emil akan melanjutkan dinas luar negerinya dengan mengunjungi Turki. Pertemuan bisnis ini, lanjut Dani, bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor dan mempromosikan Jabar kepada investor potensial sekaligus memperluas pasar kopi.

"Tentu kunjungan-kunjungan kerja yang membawa kebermanfaatan bagi masyarakat. Salah satu agenda di Turki adalah menjajaki berbagai peluang kerja sama bilateral antara Pemda Jabar dan Pemerintah Turki. Namun, karena banjir kembali melanda sebagian Jabar, maka kunjungan Emil ke Turki akan dibatalkan," ujar Dani. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT