26 February 2020, 15:55 WIB

Jalan Ambles dan Longsor di Cilacap Kian Mengkhawatirkan


Lilik Darmawan | Nusantara

Jalan nasional penghubung antara pantura ke jalur selatan tepatnya di Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) ambles. Bahkan pada Rabu (26/2), amblesnya semakin mengkhawatirkan. Amblesnya jalan tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah setempat sejak Selasa (25/2) malam.

Baca juga: Satu Meninggal terperosok Jalan Ambles di Bukittinggi

Seorang warga, Sarno, 52, mengungkapkan sebenarnya jalan itu sudah agak ambles cukup lama. "Tetapi karena ada guyuran hujan deras sejak Selasa malam, amblesnya jadi semakin parah. Kendaraan yang lewat jalur tersebut, harus saling bergantian sebab amblesnya sudah sampai setengah badan jalan," kata Sarno, Rabu (26/2).

Kedalaman jalan yang ambles mencapai 60 sentimeter dan panjangnya mencapai 30 meter.

Kapolsek Jeruklegi Ajun Komisaris I Nyoman Sudarjana mengatakan pihaknya melakukan pengamanan dengan memasang rambu-rambu di lokasi setempat. "Kendaraan yang lewat jalur setempat harus bergantian sebab amblesnya hampir setengah badan jalan," ujarnya.

Selain soal jalan nasional yang ambles, di Jeruklegi juga terjadi tanah longsor. Akibatnya sebuah rumah di Desa Tritih Lor mengalami kerusakan pada bagian belakang rumah. "Longsor juga dipicu oleh hujan deras sejak Selasa malam. Hari ini, relawan dan warga melaksanakan pembersihan material longsoran. Selain itu, kami juga memasang bronjong untuk menahan longsoran," kata perangkat Kecamatan Jeruklegi Syihab Alfaritsi. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT