26 February 2020, 15:51 WIB

Ini Penyebab Seseorang Beruban Lebih Cepat


Raka Lestrari/Medcom | Weekend

RAMBUT yang beruban biasanya dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi, beberapa faktor lain seperti gaya hidup dan keturunan juga bisa menyebabkan rambut seseorang memutih lebih cepat dari yang seharusnya. Apa saja faktor yang memengaruhi hal tersebut?
 
Seperti dikutip The Healthy, ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi seseorang mengalami rambut beruban, di antaranya adalah keturunan.

Menurut Doris Day, MD, profesor dermatologi di New York University Langone Medical Center, gen atau keturunan Anda menentukan apakah Anda lebih cepat mengalami rambut beruban atau tidak. Dan tidak hanya uban, faktor keturunan juga bisa menentukan apakah seseorang cepat mengalami kebotakan atau tidak, tambah Dr Day.

Selain faktor keturunan, penyakit kulit autoimun yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan seseorang mengalami rambut beruban lebih cepat. “Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda menyerang folikel rambut Anda, membuat rambut Anda rontok. Ketika tumbuh kembali, ia tumbuh dengan berwarna putih, ” jelas Dr Day.
 
Jika Anda melihat kerontokan rambut yang mengkhawatirkan atau patch yang botak, bicarakan dengan dokter kulit Anda.

Polutan dan racun juga dapat menyebabkan rambut Anda lebih cepat beruban. Menurut Dr Day, bahan kimia ini menghasilkan radikal bebas atau stres oksidatif yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.

Selain itu, kata Dr Day, stres yang tidak dikelola dengan baik juga akan mempercepat pertumbuhan uban pada rambut. Faktor keturunan, ditambah dengan stres yang tidak dikelola dengan baik akan dengan mudah mempercepat pertumbuhan uban.

Salah satu faktor lain yang juga mempercepat pertumbuhan uban di rambut Anda adalah asap rokok, entah oleh Anda sendiri atau orang di sekitar Anda.
 
Penelitian yang diterbitkan pada 2013 menemukan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk mengalami pertumbuhan uban pada rambut. Kemungkinan karena jumlah besar radikal bebas yang dihasilkan oleh asap tersebut. (M-4)

BERITA TERKAIT