26 February 2020, 13:06 WIB

Tiga Gubernur tidak Hadir, RPD Soal Banjir di DPR Ditunda


Anggitondi Martaon | Megapolitan

KOMISI V DPR sangat menyayangkan ketidakhadiran gubernur DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar) dalam rapat dengar pendapat (RDP). Padahal, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono menghadiri rapat yang membahas penanganan banjir di Jabodetabek itu.

Kritik itu disampaikan oleh Anggota Komisi V Sadarestuwati. Menurutnya, kehadiran kepala daerah sangat diperlukan untuk membahas penanggulangan banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek.

"Untuk apa kita hadir di sini kalau yang berkepentingan saja tidak ada di sini. Saya kira ini perlu dievaluasi," kata perempuan yang akrab dipanggil Restu di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (26/2).

Baca juga: Diundang DPR untuk Bahas Banjir, Anies tidak Datang

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi V Robert Rouw. Menurutnya, ketiga gubernur itu tidak memiliki perhatian kepada daerah mereka.

"Kita tidak perlu capekan diri kita tapi percuma kalau kepala daerah tidak punya hati untuk itu," ungkap Robert.

Sementara itu, Anggota Komisi V Dedi Wahidi mengusulkan agar RDP yang dilakukan ditunda. Menurutnya, perwakilan ketiga gubernur tersebut tidak berwenang mengambil kebijakan menyikapi kesimpulan RDP yang dilakukan.

"Sekali lagi tidak kurangi rasa hormat saya kepada menteri yang sudah serius dan bupati yang sudah hadir karena ketidakhadiran mereka karena ini paket sehingga kesepakatan dan kesimpulan harus bersama, saya usulkan dijadwal ulang," kata Dedi.

Usulan yang disampaikan Dedi pun disetujui semua anggota Komisi V. Ketua Komisi V Lasarus pun langsung menutup rapat dan akan mengagendakan kembali RDP dengan ketiga gubernur tersebut.

"Ke depan akan kami agendakan lagi. Mungkin kami akan memasuki masa reses minggu depan. Tentu akan kami agendakan pada masa sidang selanjutnya," kata Lasarus yang diiringi suara ketuk palu penutupan RDP. (OL-1)

BERITA TERKAIT