26 February 2020, 12:40 WIB

Klaten Gelar Road Show Sarasehan Seni Budaya


Djoko Sardjono | Nusantara

Dewan Kesenian Klaten, Jawa Tengah menggelar road show sarasehan seni budaya. Road show ini akan digelar di 26 kecamatan mulai 24 Februari hingga 18 April mendatang. Kegiatan sarasehan ini diawali di Kecamatan Klaten Selatan, yaitu di Pendopo Soeboer, Desa Trunuh.

Sarasehan seni budaya merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Peraturan Daerah (Perda) No 2 Tahun 2014 tentang Pelestarian Budaya dan Bahasa Jawa dan Perda No 13 Tahun 2019 tentang Pemajuan Kesenian Daerah.

Baca juga: Purna Warsa, Klaten Unjuk Potensi Seni Budaya Daerah

Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten, FX Setyawan menjelaskan kegiatan sarasehan seni budaya diadakan dalam rangka mewujudkan Tri Karsa Budaya, yaitu meluhurkan, mengembangkan, dan melestarikan seni budaya Kabupaten Klaten.

"Sarasehan seni budaya ini merupakan pelaksanaan program Dewan Kesenian Klaten 2020, dengan tujuan untuk peningkatan kapasitas SDM dalam rangka pelestarian, pengembangan, serta pemanfaatan seni budaya Kabupaten Klaten," kata Setyawan.

Ketua Dewan Kesenian Kecamatan Klaten Selatan, Tri Raharjo mengharapkan pembinaan dan pengembangan seni budaya menyasar hingga perdesaan. Ini langkah strategis yang perlu mendapat perhatian guna mewujudkan desa ramah budaya.

Kegiatan sarasehan di Pendopo Soeboer, Kecamatan Klaten Selatan dibuka oleh Camat Joko Hendrawan. Acara sarasehan diikuti oleh 250 peserta yang terdiri atas unsur seniman, budayawan, sanggar seni, kepala desa, dan tokoh masyarakat.

Sarasehan seni budaya Dewan Kesenian Klaten tersebut menghadirkan narasumber FX Setyawan DS dan Suwito Radyo, empu kerawitan dan budayawan Klaten. (OL-14)

BERITA TERKAIT