26 February 2020, 10:33 WIB

Pemprov DKI Klaim Sudah Mengantisipasi Banjir


Theofilus Ifan Sucipto | Megapolitan

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengklaim telah mengantisipasi banjir. Salah satunya dengan menangani sampah di musim hujan.

"Kami sudah mengantisipasi kesiapan penanganan sampah dengan menyiagakan satgas (satuan tugas) penanganan sampah," kata Kepala Dinas LH DKI Andono Warih, Rabu (26/2).

Andono mengungkapkan satgas tersebut terdiri dari 4.000 personel dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air. Mereka disebar ke seluruh wilayah Ibu Kota.

Andono menyebut seluruh satgas itu bertugas memantau dan membersihkan tumpukan sampah. Hal itu biasanya dilakukan pascabanjir.

"Ketika terjadi tumpukan sampah, personel dan armada tambahan akan segera bergerak ke lokasi. Kita siaga 24 jam," ujarnya

Baca juga: 9.890 Jiwa Masih Mengungsi Akibat Banjir Jakarta

Selain personel, lanjut Andono, pihaknya juga menyiapkan peralatan pengangkut sampah. Peralatan terdiri dari 44 pikap pengangkut sampah, 50 truk sampah, dan 32 ekskavator dari berbagai jenis.

"(Peralatan) didampingi 23 petugas mobilisasi dan 12 petugas mekanik," tutur Andono.

Hujan deras pada Selasa (25/2) dini hari mengakibatkan banjir di beberapa titik di DKI Jakarta. Ratusan warga meninggalkan rumah mereka. (OL-1)

BERITA TERKAIT